Hubungan Komunikasi Perawat Dan Tingkat Kepuasan Pasien Yang Dilakukan Pembedahan Di Ruang Bedah RSU XX

Komunikasi perawat adalah upaya yang dilakukan perawat untuk merubah pikiran, perasaan atau prilaku orang lain. Sedangkan kepuasan pasien adalah respon emosional atau kognitif yang dibangun pasien atas dasar persepsi atau evaluasi terhadap harapan nilai, sikap atau prilaku perawat dalam berkomunikasi. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi hubungan komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan pasien.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-analitis cross sectional dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Sampel yang diteliti sejumlah 44 responden yang dirawat di ruang Bedah Kelas II RSU Ratu Zalecha Martapura. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dilakukan analisa statistik Spearman-Rank Correlation dengan =0,05.
Berdasarkan uji statistik didapatkan nilai koefisien korelasi spearman = 0,744 dengan signifikansi 0,000 dan nilai t hitung 7,188 yang berarti bahwa Ho ditolak dan H1 diterima atau terdapat hubungan signifikan positif yang kuat antara komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan pasien
Berdasarkan gambaran diatas maka penting bagi perawat untuk mempertahankan dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam berkomunikasi untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat kepuasan pasien dalam komunikasi perawat..

Kode File : K011
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan (abstrak, kata pengantar, daftar isi, dll)
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Instrumen, dll

About these ads