“Hubungan Gaya Hidup Dengan Kejadian Hipertensi Esensial Di Ruang Rawat Inap Bagian Penyakit Dalam Di RSU XX”

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan gaya hidup dengan kejadian hipertensi esensial diruang rawat inap bagian penyakit dalam RSU XX 2010.

Penelitian ini adalah Survei analytik dengan menggunakan desain Case kontrol, dengan pendekatan retrospektif.gaya hidup yang diteliti terdiri dari rokok, alkohol, konsumsi natrium, konsumsi lemak, olahraga, stress. Sampel yang digunakan adalah semua responden yang mengalami hipertensi esensial dan sebagai kontrolnya  responden yang tidak menderita hipertensi, dengan metode pengambilan sample yaitu total sampling yang berjumlah 60 responden (30 untuk kelompok kasus dan 30 untuk kelompok kontrol).

Analisa data dengan Uji statistik Chi-Square dengan tingkat kemaknaan 5% (a = 0,05) dan Odds Ratio. Pada hasil analisa ditemukan ada hubungan  yang bermakna  antara gaya hidup (rokok, konsumsi natrium, konsumsi lemak, olahraga, stress) dengan kejadian hipertensi esensial dimana variable yang paling berpengaruh adalah konsumsi garam dengan kejadian Hepertensi esensial, dengan nilai ekspektasi (p = 0,01) lebih kecil dari nilai a. Sedangkan alkohol tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kejadian hipertensi esensial dikarenakan responden sebagian besar bukan peminum alkohol.

 

Keyword: Gaya hidup, Hipertensi esensial

 

Kode file : PD004
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka.
–    Lampiran2 (kuesioner, master tabel, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 100.000,-