“Dampak Imobilisasi Terhadap Kondisi Psikososial Pada Klien Yang Terpasang Traksi Di Ruang Perawatan Bedah Ortopedi RSU XX”

Perubahan-perubahan fisik dan mental terjadi selama imobilisasi. Pasien dengan imobilisasi lama dapat mengalami berbagai komplikasi meliputi atrofi otot, kontraktur, keseimbangan nitrogen negatif, konstipasi, dekubitus dan perubahan psikologis. Kebingungan, disorientasi dan masalah perilaku dapat terjadi pada pasien yang terkungkung pada tempat terbatas dalam waktu yang cukup lama. Lamanya perawatan menyebabkan tidak terpenuhinya peran klien, baik dirumah maupun dimasyarakat dan menjadi sangat tergantung kepada orang lain. Dan hal tersebut dapat menimbulkan stress bagi pasien karena dapat menjadi ancaman fisik dan psikologis.

            Tujuanpenelitian untuk mengetahui dampak imobilisasi terhadap kondisi psikososial yang timbul pada klien dengan pemasangan traksi di ruang perawatan bedah ortopedi RSU XX.

Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan studi “Studi Diskriptif Eksploratif ”, yang bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai dampak imobilisasi terhadap kondisi psikososial pada klien yang terpasang traksi yang dirawat di ruang perawatan bedah ortopedi RSU XX. Metode yang digunakan untuk memperoleh data tersebut dilakukan dengan teknik angket atau kuisioner dengan menggunakan skala likert dan wawancara berdasarkan daftar pertanyaan yang telah disiapkan terhadap 60 orang sampel. Pengolahan data menggunakan komputer program SPPS versi 11,5 dan disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Dari hasil analisis “univariat dan bivariat  dengan menggunakan uji Chi- Square

            Hasil penelitian  sebagai berikut : Ada dampak immobilisasi pada pasien terpasang traksi terhadap perubahan psikososial berupa kecemasan, insomnia dan gangguan citra tubuh.

Kesimpulan penelitian ini adalah : dampak immobilasi mempunya hubungan yang bermakna dengan perubahan psikososial berupa kecemasan, insomnia dan gangguan citra tubuh.

Dari hasil penelitian ini peneliti berharap agar pihak manajemen RSU XX mampu membina dan meningkatkan pengetahuan perawat khusunya perawat pelaksana yang dimilikinya dalam rangka mengurangi dampak psikologis yang terjadi akibat penatalaksanaan tindakan immobilisasi khususnya pada klien yang mengalami traksi.

Kode file : MB001
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 6 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka, Daftar Tabel.
–    Lampiran 2 (kuesioner, master tabel, dll)

Bentuk file : Ms.Word