“Hubungan Antara Terapi Cairan Intravena Dengan Kejadian Phlebitis Di Rumah Sakit Umum XX”

Infeksi nosokomial merupakan infeksi yang diakibatkan dari pemberian prosedur terapeutik dalam pelayanan kesehatan. Salah satu prosedur terapeutik yang sering menyebabkan timbulnya infeksi pembuluh darah vena adalah prosedur pemasangan infus. Phlebitis merupakan peradangan pada vena yang diakibatkan oleh beberapa faktor.

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya hubungan antara terapi cairan intra vena dengan kejadian phlebitis pasien di Rumah Sakit. Metode yang digunakan adalah desain studi one shot case study, menggunakan subyek penelitian pada semua pasien yang akan diberikan tindakan terapi cairan intra vena dan perawat yang sedang bertugas di Rumah XX dalam kurun waktu penelitian. Penarikan sampel secara purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan daftar observasi dalam bentuk chek list. Analisis data secara univariate dan bivariate dengan menggunakan kai-kuadrat. Tingkat kepercayaan α (0.05).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan pemilihan vena dengan kejadian phlebitis dengan p=1.00 > α (0.05), tidak ada hubungan viskositas cairan dengan kejadian phlebitis dengan p=1.00 > α (0.05), ada hubungan lama pemasangan degan kejadian phlebitis dengan p=0.01 < α (0.05), tidak ada hubungan tindakan pemasangan dengan kejadian phlebitis dengan p=0.67 > α (0.05), tidak ada hubungan alat pungsi dengan kejadian phlebitis dengan p=0.15 > α (0.05). Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan lama pemasangan infus dengan kejadian phlebitis di Ruang Perawatan Dewasa Rumah Sakit Umum XX.  Lama pemasangan infus sebaiknya kurang dari 3×24 jam, dan melakukan penggantian pemasangan infus ke tempat lain sekiranya terapi intravena masih dilanjutkan untuk mengurangi risiko terjadinya phlebitis.

Kode file : MB004
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka.
–    Lampiran 2 (lembar observasi,tabulasi data, dll)

Bentuk file : Ms.Word