“Efektifitas Perawatan Luka Dengan Tehnik Tertutup Dan Terbuka Terhadap Penyembuhan Luka Tali Pusat Pada Bayi Baru Lahir Di Ruang Perinatologi Rumah Sakit XX”

Persalinan adalah proses dimana seorang ibu melahirkan bayinya. Pada saat bayi baru lahir terjadi proses adaptasi dengan dunia luar yang jauh berbeda dengan keadaan dalam rahim sehingga terjadi perubahan (Jumiarni, 1994). Akibat perubahan lingkungan dari uterus ke luar uterus, maka bayi baru lahir menerima rangsangan yang bersifat kimiawi, mekanis dan termis. Hasil dari rangsangan ini membuat bayi akan mengalami perubahan metabolisme, pernafasan, sirkulasi dan lain-lain (Wiknjosastro H, 2002). Disamping itu bayi dituntut melakukan metabolisme dan melaksanakan segala sistem tubuhnya sendiri seperti bernafas, mencerna, eliminasi dan lain – lain yang semula tergantung pada ibunya.

Desain penelitian adalah suatu rencana, struktur, dan strategi penelitian yang dimaksudkan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi dengan mengutamakan optimasi yang berimbang antara validitas dalam dan validitas luar dalam menggunakan pengendalian varian (Pratikyo, 2001).

Penelitian ini menggunakan desain Quasy Eksperimental ( Post Test Only Control Group Design ). Rangcangan ini berupaya mengungkapkan hubungan sebab akibat dengan cara melibatkan kelompok kontrol disamping kelompok eksperimental.  Tetapi pemilihan kedua kelompok tak menggunakan tehnik acak.dalam rancangan ini, kelompok ekperimental diberi perlakuan berbeda dengan kelompok lain, kemudian diadakan pengukuran kembali ( observasi ).

Efektifitas perawatan tehnik tertutup  terhadap penyembuhan luka tali pusat sebesar 30 % sembuh “cepat” , artinya hanya sebanyak 3 responden pada tehnik tertutup tali pusatnya lepas kurang dari 6 hari, keadaan ini disebabkan kondisi tali pusat yang cenderung lembab karena penguapan alkohol dalam  waktu 2 menit.

Kode file : MB006
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, daftar isi, daftar tabel, dll)
–    Bab 1 – 6 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka.
–    Lampiran 2 (kuesioner, SAP, dll)

Bentuk file : Ms.Word

2 thoughts on ““Efektifitas Perawatan Luka Dengan Tehnik Tertutup Dan Terbuka Terhadap Penyembuhan Luka Tali Pusat Pada Bayi Baru Lahir Di Ruang Perinatologi Rumah Sakit XX”

  1. bisa liat contoh skripsinya……………………..saya sangat ingin tahu, referensi apa yang anda gunakan. tolong bagi infonya yah

Komentar ditutup.