“Faktor Pengaruh Pemasangan Kateter Tetap Terhadap Kejadian Infeksi Saluran Kemih (ISK) di RSUD XX”

Infeksi saluran kemih merupakan infeksi yang disebabkan oleh adanya mikroorganisme patogenik dalam traktus urinarius, de­ngan atau tanpa disertai tanda dan gejala. Kateterisasi membawa risiko besar untuk terjadinya infeksi saluran kemih dan dianggap sebagai salah satu penyebab utama infeksi nosokomial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang distribusi klien yang mengalami ISK akibat pemasangan kateter berdasarkan tingkat pendidikan responden, pengetahuan responden, jenis kelamin, usia, dan jenis penyakitnya serta untuk mengetahui tentang gambaran tentang pengaruh prosedur pemasangan kateter, prosedur perawatan kateter, dan lama kateter terpasang terhadap kejadian ISK.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif melalui desain cross sectional study. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah semua klien dewasa yang terpasang kateter tetap. Teknik pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Sampel yang didapatkan berjumlah 30 responden di ruang perawatan dewasa baik laki-laki maupun wanita. Data diperoleh melalui instrumen penelitian berupa kuesioner untuk variabel tingkat pendidikan, pengetahuan, jenis kelamin, usia, pekerjaan dan jenis penyakitnya dan lembar  observasi untuk variabel prosedur pemasangan kateter, prosedur perawatan kateter, dan lama kateter terpasang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pada kriteria penafsiran perhitungan prosentase yang telah ditetapkan sebelumnya menunjukkan bahwa pengaruh faktor-faktor tersebut yang tidak lain adalah variabel independen berada pada rentang dibawah 33% yang  berarti bahwa  tingkatan pengaruh masing-masing variabel terhadap kejadian infeksi saluran kemih pada responden yang terpasang kateter tetap berada pada tingkatan pengaruh yang rendah.

Kode file : MB007
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka.
–    Lampiran2 (kuesioner, powerpoint, dll)

Bentuk file : Ms.Word