“Karakteristik Faktor Resiko Hipertensi Pada Lanjut Usia Di Wilayah Kerja Puskesmas XX”

Seiring dengan keberhasilan pemerintah dalam pembangunan nasional, telah mewujudkan hasil yang positif di berbagai bidang yaitu adanya kemajuan di bidang medis atau ilmu kedokteran sehingga dapat meningkatkan kesehatan penduduk serta meningkatkan harapan hidup manusia. Akibatnya jumlah penduduk yang berusia lanjut meningkat dan bertambah cenderung lebih cepat. 1

Dari tinjauan pustaka telah diperoleh beberapa faktor yang berhubungan dengan hipertensi. Penyakit hipertensi merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat adanya interaksi dari berbagai faktor yang dimiliki seseorang. Berbagai penelitian telah menghubungkan antara berbagai faktor risiko terhadap timbulnya hipertensi.8

Beberapa  faktor resiko yang merupakan faktor yang dapat menyebabkan hipertensi yaitu: umur, jenis kelamin, obesitas, aktifitas fisik, merokok, genetik,  alkohol, stres, penyakit ginjal dan diabetes melitus. 7,8

Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah Kerja XX Kab. XX mulai dari tanggal 4 Agustus 20.. sampai dengan 11 Agustus 20… Pengambilan sampel  dilakukan dengan teknik purposive sampling. Banyaknya sampel yang digunakan sebanyak 55 orang.

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Wilayah Kerja XX Kab. XX dari tanggal 4 Agustus 2009 sampai dengan 11 Agustus 2009 dapat disimpulkan bahwa :

  1. Kasus hipertensi di Wilayah Kerja XX Kab. XXcukup banyak dimana dari 98 jumlah populasi lansia yang hipertensi berjumlah 55 orang.
  2. Karakteristik hipertensi berdasarkan golongan umur di Wilayah Kerja XX Kab. XX lebih banyak golongan umur 75-90 tahun dari golongan umur 60-74 tahun.
  3. Karakteristik hipertensi berdasarkan jenis kelamin di Wilayah Kerja XX Kab. XX lebih banyak jenis kelamin perempuan dari jenis kelamin laki-laki.
  4. Karakteristik hipertensi berdasarkan genetik di Wilayah Kerja XX Kab. XX lebih banyak tidak ada genetik dari ada genetik.
  5. Karakteristik hipertensi berdasarkan obesitas di Wilayah Kerja XX Kab. XX lebih banyak tidak obesitas dari ada obesitas.

Kode file : KM005
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka
–    Lampiran 2 (kuesioner, master data, power point, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 100.000,-