“Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Anak Umur 6 – 11 Tahun Di Ruang Perawatan Anak RSUD XX”

Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absorpsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ, serta menghasilkan energi.

            Tujuanpenelitian Untuk mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan status gizi anak umur 6 – 11 tahun di Ruang Perawatan Anak RS XX.

Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan studi “Cross Sectional”, di mana data yang menyangkut variabel bebas dan variabel terikat. Metode yang digunakan untuk memperoleh data tersebut dilakukan dengan teknik observasi, pemeriksaan fisik dan wawancara berdasarkan daftar pertanyaan yang telah disiapkan terhadap 58 orang sampel. Pengolahan data menggunakan komputer program SPPS versi 11,5 dan disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Dari hasil analisis “univariat dan bivariat  dengan menggunakan uji Chi- Square

            Hasil penelitian  sebagai berikut : tidak ada hubungan yang bermakna antara pola makan anak dengan status gizi anak yang dirawat di Ruang Perawatan Anak Rumah Sakit XX dengan nilai p = 0,927 (lebih besar dari nilai α (0,05)), dan terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan ibu dengan status gizi anak yang dirawat di Ruang Perawatan Anak Rumah Sakit XX dengan nilai p = 0,046 (lebih kecil dari nilai α (0,05)).

Kesimpulan penelitian ini adalah : faktor yang mempunyai hubungan dengan status gizi yaitu pendidikan ibu. Sedangkan faktor yang tidak berhubungan dengan status gizi yaitu pola makan anak .

Dari hasil penelitian ini peneliti berharap agar pihak manajemen Rumah Sakit XX mampu membina dan meningkatkan pengetahuan perawat khusunya perawat pelaksana yang dimilikinya dalam memberikan penyuluhan kepada orang tua pasien dalam penanganan penyakit diare demi mencegah kejadian penyakit gangguan gizi.

Key Word : status gizi, pendidikan ibu dan  pola makan anak

Kode file : AN005
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka, Daftar Tabel.
–    Lampiran 2 (Kuesioner, Tabulasi data, dll)

Bentuk file : Ms.Word