“Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Ibu Tentang Perawatan Ispa Dengan Kejadian Ispa Pada Balita Di Puskesmas XX”

Ispa masih penyebab utama kesakitan dan kematian pada balita di Indonesia dan negara yang sedang berkembang. Idealnya seorang ibu sudah mempunyai bekal merawat anaknya yang sedang sakit Ispa dengan pengetahuan yang baik tentang perawatan anak di rumah. Dari pengetahuan ini muncul respon untuk bersikap terhadap perawatan anak yang ditujukan sebagai bentuk usaha peningkatan kesembuhan dalam taraf mencapai tingkat kesehatan secara maximal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu tentang perawatan Ispa dengan kejadian Ispa di Puskesma XX. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan (masukan) informasi bagi para ibu sebagai upaya peningkatan kesehatan keluarga. Populasi dari penelitian ini semua ibu yang Ibu yang membawa anaknya berobat  dan terdiagnosa Ispa oleh dokter.

Desain penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Analitik dengan  metode Cross Sectional yaitu rancangan yang mengkaji dinamika korelasi/hubungan Variabel Independen dengan Variabel Dependen pada saat yang bersamaan. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang membawa anaknya bero inklusi yaitu 123 responden dengan menggunakan tehnik purposive sampling, analisis data dilakukan dengan uji statistic Chi-square. Hasil penelitian menyatakan adanya hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu tentang perawatan Ispa dengan keadian Ispa pada balita di Puskesmas XX. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka perlu optimalisasi peran tenaga kesehatan termasuk perawat sebagai educator dalam memberikan informasi pencegahan dan perawatan anak dengan Ispa yang dilakukan oleh ibu di rumah.

Kata kunci    : Pendidikan, Pengetahuan, Kejadian Ispa

Kepustakan : 1999-2009

Kode file : AN009
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, daftar isi, abstrak, dll)
–    Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar Tabel, Daftar lampiran, Daftar pustaka.

Bentuk file : Ms.Word