“Pengaruh Teknik Relaksasi Napas Dalam Terhadap Adaptasi Nyeri Pasien Inpartu Kala I Di Ruang Intranatal RSU XX”

Rasa sakit akibat nyeri kontraksi uterus dapat mengakibatkan meningkatnya aktivitas saraf simpatis yang ditandai meningkatnya nadi, pernafasan, tekanan darah, tonus otot, gerakan tubuh seperti mengepal, mencari tegangan, ucapan–ucapan verbal seperti mendesis atau berteriak. Ekspresi wajah seperti meringis, respon terhadap lingkungan menurun seperti gelisah dan kebutuhan akan kontak fisik bertambah. Tujuan untuk mengurangi rasa nyeri yang dialami ibu, yaitu salah satunya dengan melakukan teknik relaksasi, agar kekuatan ibu tetap adekuat untuk mengeluarkan bayinya dan tidak mengalami kelelahan sehingga dapat terjadi persalinan secara fisiologis.

Tujuan penelitian ini untuk menilai pengaruh teknik relaksasi napas dalam terhadap adaptasi nyeri pada pasien inpartu kala I.

Desain penelitian ini menggunakan cross sectional study ( studi potong lintang) dengan tehnik penarikan sampel yaitu Purposive sampling terhadap populasi target  sehingga didapatkan 60 responden terdiri dari 30 responden sebagai sampel yang diberikan perlakuan dan 30 responden sebagai sampel yang dijadikan kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara terpimpin kepada klien dan observasi pada klien inpartu kala I diruang intranatal RSU XX . Pengolahan data/uji statistik menggunakan SPSS Versi 11.5dan disajikan dalam bentuk narasi dan tabel.

Hasil Uji Kai-kuadrat menunjukkan bahwa Ada pengaruh pelaksanaan teknik relaksasi napas dalam dengan kemampuan pasien beradaptasi terhadap nyeri kala I di Ruang Intranatal RSU XX .

Saran agar pihak manajemen RSU XX  mampu membina dan meningkatkan pengetahuan perawat khusunya perawat dan bidan pelaksana yang dimilikinya dalam rangka mewujudkan peningkatan kemampuan perawat dan bidan dalam pelasanaan tenik relaksasi napas dalam pada ibu yang akan melahirkan dalam rangka penurunan respon nyeri dan kemampuan adaptasi terhadap nyeri pada pasien-pasien yang akan melahirkan khususnya di Ruang Intranatal RSU XX .

Kode file : MT001
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka.
–    Lampiran2 (master tabel, dll)

Bentuk file : Ms.Word