“Analisis Hubungan Lama Penggunaan Kontrasepsi Suntikan Dengan Peningkatan Berat Badan Pada Akseptor Kb Di Poliklinik KIA RSU XX”

Sebagai salah satu negara berkembang, Indonesia juga tidak luput  dari masalah kependudukan. Secara garis besar masalah-masalah pokok dibidang kependudukan yang dihadapi Indonesia adalah jumlah penduduk yang besar dengan laju pertumbuhan penduduk yang relatif masih tinggi, struktur umur muda, dan kualitas penduduk yang masih harus ditingkatkan. 1 Untuk mengatasi masalah tersebut, maka pemerintah telah dan sedang melakukan Program KB (Keluarga Berencana) Nasional sejak tahun 1970-an. Usaha-usaha terus dilakukan, dan sampai saat ini Program KB Nasional diorientasikan pada pembangunan keluarga sejahtera yang merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas keluarga sebagai unit terkecil yang paling utama dari masyarakat.2

Tujuan umum yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa hubungan lama penggunaan kontrasepsi suntikan dengan peningkatan berat badan pada akseptor KB.

Desain penelitian ini adalah penelitian survei analitis dengan metode potong melintang (cross sectional), dimana subjek diamati dalam kurun waktu yang sama antara lama penggunaan kontrasepsi suntikan dengan terjadinya peningkatan berat badan pada akseptor KB suntik.

Dari hasil pengolahan data penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang bermakna dari jangka waktu penggunaan kontrasepsi suntikan dengan peningkatan berat badan pada akseptor KB di Poliklinik KIA RSU XX, namun selain jangka waktu penggunaan kontrasepsi suntikan terdapat variabel lain yang juga mempengaruhi peningkatan berat badan pada akseptor KB yaitu faktor pola makan dan aktifitas fisik, dan jangka waktu penggunaan kontrasepsi suntikan merupakan variabel yang paling erat hubungannya.

Kode file : MT002
File skripsi ini meliputi :
–    Bagian depan (Sampul, daftar isi, dll)
–    Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
–    Daftar pustaka.
–    Lampiran2 (Instrumen Exel, powerpoint, dll)

Bentuk file : Ms.Word