“Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Pendokumentasian Proses Asuhan Keperawatan Di RSU XX”

Dokumentasi proses keperawatan merupakan sarana komunikasi antara perawat dan tim kesehatan dalam memberikan asuhan keperawatan. Dokumentasi keperawatan merupakan bukti pencatatan dan pelaporan yang dimiliki perawat dalam melakukan catatan perawatan yang berguna untuk kepentingan klien, perawat dan tim kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan dengan dasar komunikasi yang akurat dan lengkap secara tertulis dengan tanggung jawab perawat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan pendokumentasian proses asuhan keperawatan di RSU XX

Desain penelitian cross sectional dengan populasi adalah perawat pelaksana yang terlibat langsung dalam penerapan proses asuhan keperawatan dan pendokumentasian proses asuhan keperawatan.  Penarikan sampel total sampling pada 30  respoden. Dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan  kumputer  program SPSS Versi 10 PS disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Dari hasil analisis data    menunjukan bahwa pelaksanaan pendokumentasian proses asuhan keperawatan di RSU XX sangat berhubungan dengan pengetahuan perawat itu sendiri dan tersedianya panduan/format pendokumentasian. Walaupun faktor imbalan jasa, psikologi dan sosial (reward), lingkungan kerja dan tersedianya waktu secara proporsi juga berhubungan dengan pelaksanaan pendokumentasian namun secara uji statistik tidak ada hubungan yang bermakna.

Adapun saran yang dianjurkan kepada rekan-rekan seprofesi  agar dalam melaksanakan tugas walaupun ditemukan faktor-faktor yang menghambat dilaksanakannya proses pendokumentasian, sebagai perawat profesional hendaknya faktor-faktor tersebut tidak menghalangi kita untuk tetap melakukan pendokumentasian proses asuhan keperawatan mengingat pentingnya dan bermanfaatnya proses pendokumentasian tersebut.

Kode File : MN004
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – VII (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2 (Kuisioner,Tabulasi Kuisioner, dll)