Hubungan Pelaksanaan Dengan Kepuasan Pasien Tentang Komunikasi Terapeutik Di Instalasi Rawat Darurat RSUD XX

Komunikasi terapeutik merupakan salah satu cara untuk memberikan informasi yang akurat dan memmbina hubungan saling percaya terhadap pasien sehingga pasien akan merasa puas dengan pelayanan yang diterimanya. Di instalasi rawat darurat RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto perawat melakukan komunikasi berdasar kebiasaan/ rutinitas kerja sehari-hari dan belum sepenuhnya memperhatikan tehnik dan tahapan baku komunikasi dengan baik dan benar.

Untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan dengan kepuasan pasien tentang komunikasi terapeutik.

Penelitian ini adalah penelitian diskriptif korelasional dengan rancangan penelitian Cross Sectional, yang menggunakan total sampel untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi terapeutik oleh perawat dengan responden sesuai kriteria inklusi sebanyak 22 orang, data diambil dengan cara observasi, dan untuk melihat tingkat kepuasan pasien dengan cara kuota sampling dengan jumlah responden yang sesuai kriteria inklusi sebanyak 112 orang.

Dari hasil observasi, pelaksanaan komunikasi terapeutik yang dilakukan oleh 22 perawat terhadap 112 pasien menunjukkan bahwa perawat melaksanakan komunikasiterapeutik dengan sangat baik kepada 4(3,6%) pasien, dengan baik kepada 49 (43,8%) pasien, dengan cukup baik kepada 40 (35,7%) pasien dan dengan tidak baik kepada 19 (17%) pasien. Berdasar kuesioner yang terkumpul didapat gambaran tentang kepuasan pasien tentang komunikasi terapeutik selama dirawat di IRD yaitu 9 pasien (8%) merasa sangat puas, 84 pasien (75%) merasa puas, 19 pasien (17%) merasa kurang puas dan tidak ada pasien merasa tidak puas, dari hasil korelasi bivariate Spearman Rank menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara pelaksanaan dengan kepuasan pasien tentang komunikasi terapeutik

Sebagian besar perawat di Instalasi Rawat Darurat sudah melakukan kounikasi terapeutik dengan cukup baik dan kepuasan pasien tentang komunikasi terapmeutik adalah puas, ada hubungan yang bermakna antara pelaksanaan dengan kepuasan pasien tentang komunikasi terapeutik

Kata Kunci: Komunikasi terapeutik, Kepuasan Pasien, Pelaksanaan, Hubungan

Kode File : UM001
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2