Hubungan Motivasi Dan Kemampuan Akademik Dengan Kinerja Dosen Tetap Akademi Perawatan XX

Latar belakang : Keberhasilan suatu pendidikan diantaranya dipengaruhi sumber daya manusia atau  kinerja staf pengajar (dosen).Supaya menghasilkan kinerja yang baik,seorang dosen harus memiliki kemampuan,kemauan,usaha serta setiap kegiatan yang dilakukan tidak mengalami hambatan yang berat dalam lingkungannya.Dari hasil studi pendahuluan di Akper XX diperoleh gambaran kinerja dosen belum optimal.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan motivasi dan kemampuan akademik dengan kinerja dosen tetap di Akper XX.

Metode : Jenis penelitian non eksperimental deskriptif korelasional dan pendekatan cross sectional dengan cara pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif.Responden terdiri dari semua dosen tetap pada Akper XX ,yang berjumlah 16 orang diambil dengan teknik  total sampling.

Hasil : 81,3% responden memiliki motivasi dan kemampuan akademik sedang, 12,5% rendah, dan 6,3% tinggi.Sedangkan tingkat kinerja sebanyak 56,3% dosen yang memiliki kinerja rendah,37,5% sedang dan 6,3% tinggi.Ada hubungan yang bermakna antara motivasi dan kemampuan dengan kinerja dosen tetap pada Akper XX dengan nilai F sebesar 7,379 dan p = 0,007 (p < 0,05).

Kesimpulan : Kinerja dosen tetap pada Akper XX belum optimal.Ada hubungan yang bermakna antara motivasi dan kemampuan  akademik dengan kinerja dosen tetap pada Akper XX.

Kata Kunci : Motivasi, Kemampuan akademik, Kinerja

Kode File : UM005
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup)
c. Lampiran2