Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Stres Pada Mahasiswa Program DIII Keperawatan Kelas Khusus Di Rumah Sakit XX

Latar belakang. Stres merupakan respon tubuh yang sifatnya non spesifik terhadap setiap tuntutan beban atasnya. Perawat yang melanjutkan kuliah akan lebih banyak mengalami stressor.

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi terjadinya stres pada mahasiswa program DIII keperawatan kelas khusus di RS. BXX.

Metode. Sampel pada penelitian ini berjumlah 39 mahasiswa, masing – masing responden diberikan satu paket kuesioner yang berisi item  pertanyaan dari variabel yang diteliti. Pengujian validitas dan reliabilitas dengan crombach alpha atas variabel dan konsep tersebut menunjukkan nilai validitas dan reliabilitas yang memenuhi syarat instrumen. Analisis dengan menggunakan distribusi frekuensi, untuk mengetahui frekuensi dan proporsi faktor organisasional, lingkungan dan individu yang mempengaruhi terjadinya stres pada mahasiswa program DIII keperawatan kelas khusus di Rumah Sakit XX.

Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor organisasional mempengaruhi terjadinya stres pada 20 responden ( 51,3% ), faktor  lingkungan mempengaruhi terjadinya stres pada 24 responden ( 61,5% ) dan faktor individu mempengaruhi terjadinya stres pada 23 responden ( 59% )

Kesimpulannya ada faktor organisasional, lingkungan, dan individu yang mempengaruhi  terjadinya stres pada mahasiswa, sehingga perawat yang melanjutkan kuliah diharap dapat memanajemen dirinya sendiri, disamping perlunya dukungan dari lingkungannya ataupun dari organisasi aga004r tidak terjadi stres

Kode File : KS003
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup)
c. Lampiran2