Pengetahuan Ibu Tentang Cara Memeberikan ASI yang Baik pada Balita Usia 0 – 18 Bulan

Memberikan ASI mungkin tidak semudah yang dibayangkan banyak orang, mungkin akan didapatkan banyak hambatan dalam pelaksanaannya. Dengan alasan yang klasik ibu-ibu bekerja memilih untuk memberikan susu formula kepada bayinya. Namun apapun alasannya, memberikan ASI tetap merupakan pilihan yang sangat baik dan mungkin yang terbaik. Semua ini penting untuk diketahui oleh para ibu khususnya yang menyusui mengingat manfaat yang sangat besar bagi bayi, ibu dan keluarga. Sebagai bentuk pasif dari perilaku, pengetahuan ibu akan sangat mempengaruhi apakah ibu telah memberikan ASI secara baik pada bayinya. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana pengetahuan ibu tentang cara memberikan ASI yang baik pada balita usia 0 – 18 bulan berdasarkan karakteristik usia, pendidikan dan pekerjaan ibu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif dengan populasi sebanyak 157 orang, dan sampel yang digunakan adalah metode Krecjie sebanyak 113 orang. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif dengan alat ukur kuesioner yang dibuat sendiri oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan karakteristik usia, responden yang berpengetahuan baik adalah mayoritas berusia antara 21 – 29 tahun. Berdasarkan karakteristik pendidikan, yang berpengatahuan baik adalah 79,2% dari responden dengan pendidikan PT, dan berdasarkan karakteristik pekerjaan, mayoritas responden yang berpengetahuan baik adalah guru dan karyawan
Kesimpulan dari penelitian tentang pengetahuan ibu tentang cara memberikan ASI yang baik pada balita usia 0 – 18 bulan di Kelurahan xx ini adalah semakin tinggi (tua) usia seseorang (ibu) maka semakin baik pula pengetahuannya, dan semakin tinggi jenjang pendidikan ibu diketahui semakin baik pula pengetahuannya, serta pekerjaan ibu sebagai guru, karyawan dan wiraswasta lebih baik dari ibu yang bekerja sebagai IRT, buruh dan petani.

Kode File : K090
File skripsi ini meliputi :
a. Halaman depan
b. Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
c. Daftar Pustaka
d. Lampiran2