Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Xx Kabupaten XX

Mutu  pelayanan keperawatan  sangat mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan, bahkan menjadi salah satu faktor penentu citra institusi pelayanan kesehatan di mata masyarakat. Hal ini terjadi karena keperawatan merupakan kelompok profesi dengan jumlah terbanyak, paling depan dan terdekat dengan penderitaan orang lain, kesakitan, kesengsaraan yang dialami masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gamabaran mutu pelayanan kesehatan di ruang rawat inap rumah sakit XX.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan assidental sampling dengan jumlah sampel sebesar 50 responden.

Hasil penelitian ini didapatkan bahwa, daya tanggap baik sebanyak37 (74%), sedangkan daya tanggap kurang sebanyak 13 (26%), kehandalan baik 38 (76%) sedangkan kehandalan kurang12 (24%), jaminan baik sebanyak 39 (78%) dan jaminan kurang 11 (22%), bukti nyata baik sebanyak 40 (80%) dan bakti nyata kurang sebanyak 10 (20%),sedangkan empathy yang baik sebanyak 42 (84%)dan empati yang kurang sebanyak 8 (16%).

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dari 50 responden sebagain besar pasien rawat inap menyatakan mutu pelayanan kesehatan sudah baik dan guna peningkatan lebih lanjut, maka disarankan perlu melakukan peningkatan upaya-upaya pelayanan kesehatan .agar hasil kinerja petugas kesehatan yang betu-betul sehat sesuai dengan harapan pasien.

Kode file : Nw003

File skripsi ini meliputi :

– Bagian depan (daftar isi, dll)

– Bab I – VI lengkap (pendahuluan s/d penutup)

– Daftar Pustaka

– Lampiran2 (kuesioner, dll)

Bentuk file : Ms.Word