Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Ibu Hamil Dalam Melakukan Antenatal Care (ANC) DI Puskesmas XX

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang faktorfaktor yang berhubungan dengan motivasi ibu hamil dalam melakukan antenatal care di Puskesmas XX Kecamatan XX Kabupaten XX.

Berdasarkan tujuan penelitian, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study, yaitu data independen dan dependen akan dikumpulkan dalam waktu bersamaan dan pengukurannya satu saat dan tanpa  follow up. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Juli sampai Agustus 2012, di PUSKESMAS XX Kabupaten XX. Populasi dalam penelitian ini adalah finit (dapat ditentukan besarnya) yang mencakup semua ibu hamil yang terdaftar dibuku register KIA bulan Januari sampai Desember 2011 sebanyak 78 orang di wilayah Puskesmas XX Kecamatan XX Kabupaten XX.dan diambil jumlah sampel sebanyak 65 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ibu hamil di Puskesmas XX Kecamatan XX Kabupaten XX pengetahuannya rata-rata berpengetahuan baik dan mempunyai motivasi yang baik dalam melakukan antenatal care hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan motivasi ibu hamil dalam melakukan antenatal care.

Sebagian besar ibu hamil mengatakan bahwa sikap petugas kesehatan yang dalam memberikan pelayanan sangat mempengaruhi motivasi ibu hamil dalam melakukan antenatal care hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pelayanan petugas kesehatan dengan motivasi ibu hamil terhadap pelayanan antenatal care di Puskesmas XX Kecamatan XX Kabupaten XX.

Kode file : MT013
File skripsi ini meliputi :
– Bagian depan (daftar isi, dll)
– Bab 1 – 6 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
– Daftar pustaka
– Lampiran 2 (kuesioner, dll)